Sabtu, 14 September 2013

Erosi

Erosi adalah peristiwa berpindahnya atau terangkutnya tanah atau bagian-bagian tanah dari suatu tempat ketempat lain oleh media alami (air dn angin).
erosi angin di daerah kering adalah peristiwa penting sedangkan erosi air sangan penting di daerah tropika atau basah.
beberapa macam erosi :
1. erosi geologi = erosi yang terjadi sejak permukaan bumi terbentuk yang menyebabkan terkikisnya batuan, sehingga terjadi bentuk morfologi permukaan bumi seperti sekarang ini.
2. erosi normal/alami= proses pengangkutan tanah atau bagian- bagian tanah yang terjadi di bawah keadaan alami.
3. erosi dipercepat = pengangkutan tanah dengan laju yang cepat dari erosi normal dan lebih cepat dari pembentukan tanah sehingga menimbulkan kerusakan tanah, sebagai akibat perbuatan manusia yang menghilngkan tumbuhan penutup tanah.

erosi menurut bentuknya :
a. erosi lembar = pengangkutan lapisan tanah yang merata tebalnya dari suatu permukaan tanah. jika kekuatan air hujan lebih besar daripada laju air.
b. erosi alur = pengangkutan tanah dari alur-alur tertentu pada permukaan tanah, yang merupakan parit-parit kecil yang dangkal dan kecil.
c. erosi parit = proses terjadiya sama seperti erosi alur, tetapi alurnya sudah demikian besarnya, yang tidak bisa dihilangkan dengan pengolahan tanah biasa.
d. erosi tebing sungai = pengikisan tebing sungai oleh air yang mengalir dari bagian atas tebing atau oleh terjangan aliran air sungai yang kuat pada belokan sungai
e. longsor = bentuk erosi yang pengangkutan  atau pemindahan atau gerakan tanah yang terjadi pada saat bersamaan dalam volume besar.
d. erosi internal/vertikal = terangkutnya butir-butir tanah ke bawah, ke dalam celah-celah/pori-pori tanah, sehingga tanah menjadi kedap air dan udara.
proses erosi dari ghinaghufrona.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar